Konsultan Pemasaran Digital. Semua pengusaha pasti sudah memahami tentang pentingnya melibatkan teknologi online untuk mendorong keberhasilan bisnis. Demikian halnya dengan peran konsultan pemasaran digital yang hadir menjadi elemen tambahan untuk membimbing perusahaan Anda melakukan strategi penjualan online. Konsultan memungkinkan perusahaan untuk memaksimalkan kinerja dalam membangun strategi dan efektivitas bisnis.

Para konsultan profesional ini selalu mengikuti tren dan perkembangan yang terjadi di media sosial serta algoritma internet terkini. Mereka dapat mengetahui dengan cepat terkait tren teknologi terbaru serta perubahan algoritma mesin pencari di media sosial. Dengan sifat modern ini, konsultan akan membantu perusahaan Anda agar menyesuaikan strategi, memastikan relevansi dan mengoptimalkan cara pemasaran. 

Pada artikel ini, Anda akan diajak untuk memahami apa itu konsultan bisnis pemasaran digital dan bagaimana perannya dalam melayani klien. Di lingkungan bisnis yang terdigitalisasi dan serba online, mengharuskan pebisnis untuk selalu memperbarui dan memperluas pengetahuan termasuk pemasaran digital. Simak penjelasan ringkas berikut ini: 

Maksud dari Konsultan Pemasaran Digital 

Mereka yang ahli dan profesional dalam bidang merancang strategi serta taktik promosi media sosial dan internet merupakan peran konsultan pemasaran. Terspesialisasi dalam bidang digital online, mereka berfungsi memberikan saran kepada perusahaan dan organisasi tentang perencanaan, pelaksanaan dan pengoptimalan pemasaran. Artinya, konsultan pemasaran yang terjun secara khusus di lingkungan digital akan membantu perusahaan mencapai target audiens. 

Mengingat bahwa lingkungan digital memungkinkan setiap orang dengan mudah terhubung satu sama lain, maka konsultan akan membantu meningkatkan engagement bisnis. Baik itu menghasilkan proyek konten, meningkatkan interaksi, dan memperkuat kehadiran bisnis di media sosial. Peran tersebut mengharapkan adanya umpan balik, seperti kunjungan ke situs media sosial dan e-commerce perusahaan dan pembelian produk atau layanan. 

Secara keseluruhan, konsultan pemasaran digital bekerja untuk klien sambil memahami kebutuhan audiens mereka lalu merancang taktik pemasaran. Alhasil, perusahaan bisa mendapat capaian maksimal seperti lonjakan pemesanan, interaksi hingga feedback audiens yang mampu membawa perusahaan menuju puncak tujuan. 

Keahlian Konsultan Pemasaran di Lingkungan Digital 

Seorang konsultan pemasaran harus memiliki berbagai pengetahuan dan keterampilan mumpuni untuk menjalankan peran dan tugasnya. Sebelum menyerahkan tugas pada konsultan, Anda bisa memahami terlebih dulu tentang apa saja keahliannya yang bermanfaat untuk bisnis. Berikut beberapa keterampilan penting oleh konsultan pemasaran di lingkungan digital: 

1. Paham Teknik SEO 

Konsultan pemasaran digital wajib memiliki pengetahuan tentang search engine optimization. Keahlian ini meminta konsultan untuk memahami cara kerja mesin pencari seperti Google dan Bing dan tahu cara mengoptimalkan konten. Konsultan akan mempelajari struktur situs web, mengumpulkan kata kunci trend dan relevan untuk meningkatkan posisi di hasil pencarian. 

2. Menguasai Platform Iklan 

Menguasai platform Ads atau iklan di media sosial harus menjadi kemampuan kedua yang dimiliki oleh konsultan pemasaran digital. Biasanya konsultan akan mengelola kampanye iklan di Facebook Ads, Instagram dan Google Ads. 

3. Merancang Konten Pemasaran 

Konsultan pemasaran mampu menciptakan dan mnegembangkan ide konten sebagai bentuk promosi di media sosial atau internet. Kemampuan ini mengharuskan mereka untuk membuat skrip konten yang bernilai relevan dan menarik untuk mempertahankan audiens. Upaya yang konsultan lakukan adalah dengan mengelola artikel blog, membuat skrip reels dan YouTube, dan membuat postingan unik lainnya. 

4. Mengelola Media Sosial 

Konsultan pemasaran digital sudah pasti memahami cara memanfaatkan media sosial utama untuk mempromosikan merek, termasuk pengelolaan jenis konten dan iklan. Konsultan bersama tim konten biasanya akan berkolaborasi untuk mempertahankan interaksi dengan komunitas dan audiens. Kemampuan ini misalnya, membuat jadwal konten, merancang copywriting dan taktik menjalin komunikasi efektif dengan audiens di kolom komentar. 

5. Pengetahuan Teknis 

Pemasaran digital tentunya membutuhkan tampilan visual yang menarik bagi calon konsumen. Oleh karenanya, konsultan memiliki pengetahuan desain web dan konten. Untuk pengembangan web, konsultan akan berkomunikasi dengan desainer dan pengembang guna membuat website perusahaan yang interaktif. Selain itu, konsultan mampu menggunakan alat analitik web untuk mengukur lalu lintas, perilaku pengunjung dan kinerja situs web. 

Fungsi Konsultan Pemasaran Digital 

Tugas seorang konsultan pemasaran di area digital meliputi berbagai tanggung jawab, yang mungkin berbeda tergantung kebutuhan klien atau perusahaan. Namun secara umum ada beberapa fungsi konsultan yang meliputi: 

1. Perancang Strategi Website 

Konsultan berkompeten akan membantu perusahaan Anda menciptakan situs website yang menarik, mudah dinavigasi dan bisa meningkatkan penjualan. Lebih dari itu, konsultan akan menganalisis dan mengidentifikasi kekurangan desain dalam penggunaan dan menawarkan solusi untuk memperbaikinya. Contohnya, konsultan akan memberitahu bahwa landing page pada website hendaknya memperkenalkan produk terbaru perusahaan agar pengunjung bisa langsung mengetahuinya. Atau, website harus menyertakan layanan chat bot untuk membantu kesulitan pengunjung. 

2. Spesialis Penyebaran Konten 

Dengan berbagai strategi pembuatan berbagai topik konten, konsultan akan mereplikasi konten populer guna menarik lebih banyak pengunjung situs. Misalnya, penggunaan lagu dan dance korea sedang viral,  maka konsultan bisa meminta tim agar membuat replika dari tren viral tersebut. Setelah konten selesai, maka langkah selanjutnya yakni memastikan konten tersebut sampai ke audiens target. 

3. Pemberi Saran SEO Efektif 

Konsultan pemasaran digital yang memiliki kemampuan SEO maka memiliki fungsi untuk memberikan saran dari hasil analisisnya. Artinya konsultan akan melihat kualitas SEO situs website Anda dan melaporkan hasilnya dengan cara yang mudah dipahami. Mereka akan memberikan rekomendasi meningkatkan SEO baik off-page dan on-page. 

4. Copywriter Persuasif 

Konsultan adalah sosok yang berfungsi sebagai copywriter yang mengkombinasikan seni tulisan dengan kemampuan promosi. Dengan membangun kata-kata yang persuasive, maka mampu mempengaruhi audiens untuk melaksanakan tindakan pembelian. Melalui tulisan copywriting, konsultan akan membantu perusahaan menciptakan citra merek yang kuat, menonjol dan beda dari kompetitor. Contohnya, keunikan copywriting suatu brand selalu menyertakan pantun, atau menggunakan kata-kata slang anak generasi alpha. 

Itulah peran konsultan marketing di bidang digital yang menjadi pahlawan di balik layar kesuksesan pemasaran brand Anda. Dengan keahlian mendalam dalam pemasaran digital, mereka mampu menjadi mitra yang mendorong perkembangan perusahaan Anda di dunia digital. Jika Anda hendak merasakan manfaat peran konsultan pemasaran digital terpercaya dan berkualitas, maka Efba Digital Utama adalah jawabannya. 

Perusahaan swasta yang ini tidak hanya bergerak dalam layanan konsultasi bisnis dan online marketing, melainkan mampu menjadi mitra produsen bisnis Anda. Mulai dari maklon kosmetik, bubuk makanan dan minuman hingga registrasi merek serta sertifikasi produk. Jangan ragu untuk mengupgrade perusahaan Anda dengan berbagai layanan serba digital. Seperti manajemen pemasaran di semua media sosial, pembuatan konten, iklan, company profile, hingga pembuatan toko online. 

Berdiri sejak 2013, Efba Digital Utama telah menjalin kerja sama dengan berbagai mitra besar untuk mendedikasikan profesionalisme, kreasi dan inovasi berbisnis. Segera rasakan manfaat pengalaman bisnis digital yang solutif dan efektif dengan klik website efba.co.id.

WhatsApp Efba Digital Mulia Gmail Efba Digital Mulia